You Are Here: Home » NLP » Representasi Internal (Bagian I)

Representasi Internal (Bagian I)

REPRESENTASI INTERNAL. Sahabat, seandainya saya minta Anda sekarang untuk tidak pikirkan  belalai gajah, kira-kira apa saja usaha anda coba untuk tidak pikirkan belalai gajah.? Ya, tentu saja belalai gajah. Dengan ilustrasi tersebut saya penasaran sahabat, apakah Anda telah menyadarinya, bahwa pikiran kita tidak dapat memproses perintah yang bersifat negatif.Sebelum lebih detail membahas mengenai mengapa pikiran tidak bisa memproses kaliman negasi (seperti kata jangan, tidak…) ada baiknya terlebih dahulu kita bahas penjelasannya.

representasi internal

representasi internal

Jika sahabat memiliki sebuah pemikiran (dalam NLP disebut Representasi internal) akan sesuatu yang tidak Anda inginkan, maka itulah yang akan Anda dapatkan. Hal itu pula terjadi jika Anda melakukan dengan sebaliknya. Untuk mencapai apa yang Anda impikan, Anda hanya perlu fokus pada tujuan Anda.

Sekarang sahabat, sementara Anda teruskan baca, saya ingin menjelaskan bahwa representasi internal kita terkadang berbeda dengan orang lain. Maka ijinkan saya membawa Anda pada ke sebuah pengalaman dan ijinkan tulisan saya ini membimbing Anda untuk betul betul bayangkan pengalaman itu, membuatnya terdengar jelas dan rasakan pengalaman itu nyata.

Sekarang sementara tulisan ini membimbing Anda, maka bayangkanlah ketika Anda menghadiri sebuah acara tertentu misalnya acara pesta. Anda lihat yang Anda lihat disana, dengar yang Anda dengar dan rasakan yang Anda rasakan, sekarang. Dan kemudian sejenak, imajinasikan bahwa acara tersebut selesai lalu Anda bertemu dengan kerabat Anda. Sekarang bertanyalah pada teman Anda apa yang ia lihat, dengar atau rasa dari Acara  tersebut.

Bagaimana jawaban dia? Apakah jawabannya Sama? Atau justru berbeda dengan yang Anda lihat, Anda  dengar dan Anda rasakan.?

Jika jawaban dia ternyata justru berbeda dengan yang Anda lihat, dengar dan Anda rasakan, maka pertanyaannya adalah bagaimana bisa, padahal Anda berdua berada di tempat dan waktu yang sama, tetapi memiliki pengalaman yang begitu berbeda? Mungkin saja akhirnya Anda mulai penasaran atau bahkan sudah bertanya tanya apakah Anda benar berada dalam pesta yang sama dengannya.?

About The Author

Number of Entries : 9

© 2013 Powered By Wordpress, Goodnews Theme By Momizat Team

Scroll to top